___NyanYiaN PeRjaLanaN___
Friday, February 27, 2004
Kamar tiga kali tiga

Tiap kali menyusuri setapak menuju kampus, saya selalu berharap jendela kamar itu terbuka. Penanda pemiliknya ada. Berkunjung sejenak, sekedar menyapa dan bertanya rencana kegiatannya.
Tiap kali menyusuri setapak menuju rumah -bila tidak pulang bersamanya- saya selalu berharap jendela kamar itu terbuka. Penanda penghuninya ada. Berlamalama, sekedar tetirahan melepas penat dan tawa. Dan biasanya, ruangan kecil ini akan dipenuhi tawa tetamu lainnya -bukan hanya saya.
Ya, ruangan kecil. Kamar ukuran tiga kali tiga meter. Satu dari sekian banyak kamar pondokan di sekitar kampus unhas tamalanrea.

Masih jelas dalam ingatan, tiap detil perubahan kamar ini. Usai subuh -berharap penghuni kamar-kamar lainnya masih enggan beranjak dari pembaringan- saya membopong kasur gulung tipis (maklum, jaim). Benda pertama yang mengisi ruangan ini. Dinding kamar semula kusam, dipoles warna krem yang dikemudian hari berubah biru langit. Terpal plastik bermotif papan catur menutupi lantai semen kasar. Tetap saja terasa dingin hingga karpet biru tua melapisi seluruh lantai. Kasur kapuk menumpuk kasur gulung tipis, berselimut sprei bergambar pikachu dan psyduck, bergantian dengan corak kembang. Meja belajar yang cukup berat, untuk mengangkutnya perlu memakai jasa open cap milik satpam. Lemari pakaian plastik yang tak bertahan lama, berganti lemari kayu kokoh. Akuarium kecil buatan tetangga, dengan isi yang terus berganti. Berujung kesedihan, dan akhirnya dibiarkan kosong. Speaker, tv akira, pemutar vcd dan mpeg3 dengan merek tidak jelas, menjadi benda terakhir pengisi kamar, menjelang akhir tahun perkuliahan.
Masa bodoh dengan feng shui untuk menata kamar, yang penting terasa lapang.

Kamar tiga kali tiga, terlalu sempit memang jika lima atau enam tetamu bersamaan rerebahan, melepas lelah seusai kuliah. Tapi tak membatasi cerita yang kan mengalir. Tentang kami, kuliah, soalsoal ujian, cinta, guyonan dan tawa. Sesekali menyemangati pemilik kamar menyajikan cemilan. Bila ia tak bergeming karena masa paceklik, maka tetamu harus sadar diri. Saling berpandang, berharap akan ada penyumbang dana. Atau bersiaplah untuk memulai episode gerilya. Coca cola botol besar, es batu, teh botol, teh celup, goreng pisang, goreng sukun, sepiring sambal, sebungkus biskuit atau warung surabaya. Hingga, satu persatu tetamu beranjak pergi.
Kamar tiga kali tiga, selalu saja lapang untuk memberi kenangan. Dalam sebuah bingkai persahabatan.

Tiap kali menyusuri setapak, kini saya tahu pasti jendela itu tertutup rapat. Jelang sebulan sejak pemiliknya di rantau. Hanya memandang sekilas, sekedar memilahmilah kenangan yang hendak diputar ulang.
Hei... rendezvous yuk...


jendela kamar ini bakal tertutup rapat hingga bulan sepuluh, menunggu penghuni baru akan membuka jendela kembali. soalnya masa sewa baru habis bulan itu, dasar teman saya gak mau rugi ^_^

posted by adhip @ dalam hening kata, kala 2:35 PM  
|
 
IntRo
selalu periksa keadaan batinmu
menggunakan Sang Raja dari hatimu
tembaga tidak pernah mengetahui dirinya tembaga
sebelum berubah menjadi emas
Matsnawi, Jallaluddin Rumi

DiRi
adhi/M/'79
-makassar-
menulis dan membingkai
pemimpi yang ingin mengenal tanah airnya lebih jauh
BaRugA MaKaSsaR

antarnisti
aes el barca
apiss
ardin
asri tadda
asrulsyam
batangase
blueveil
cikal61
Dg. Nuntung
dj di melbourne
essoweni
ichal
ichal di nangroe aceh darussalam
Ifool
imran
Irha
KotakJimpe
LelakiSenja
leo
mamie
nani
ntan
nyomnyom
Ocha
PasarCidu
Prof Mus
psycho-poet
pecandu buku
PuteE
RaRa
sukab
TalluRoda
TerbangBebas
Tri-Multiply
uchie


JenDeLa SapA

JenDeLa SaHabaT
i suppoRt
CataTaN SiLaM
KoTaK SiLaM
SeNanduNg
KeluArgA MayA
banner angingmammiri
BlogFam Community
BeruCaP TeRimaKasiH

Allah Maha Kuasa, pemberi hidup.
Ichal yang pertama kali memperkenalkanku pada dunia blog dan juga support plus kompienya yang siap diacak-acak,
BloggerCom buat layanan jasa gratisnya,
Isnaini.Com, buat script leotnya,
photobucket buat tempat menyimpan gambar dan foto,
dan juga karibku hitam abu - aswad - loboh yang senantiasa bersedia menjadi mata visual keduaku.

Affiliates
15n41n1