___NyanYiaN PeRjaLanaN___
Monday, March 29, 2004
Bilik Kecil Sinovia

Ahad pagi kemarin, bareng dengan k' ichal, upload situs sinovia. Sengaja memilih pagi hari, karena di waktu ini, koneksi di warnet bisa cepat. Seluruh tampilan, script php dan segala yang berhubungan dengannya, dibuat oleh bapak ini. Saya sendiri, asli sama sekali buta dengan namanya php dkk. Rencana publish sinovia sudah lama, sejak akhir tahun kemarin. Tapi berhubung tidak dapat hostingan gratis yang support php -sebenarnya sudah mendaftar di t35, tapi balasan aktivasi tidak sampai-sampai juga, baru kemarin register ulang dan dapat balasan email aktivasi- baru ahad kemarin bisa upload.

Sinovia merupakan majalah kedokteran unhas. Pertama kali mengenalnya, saat di ospek sebagai mahasiswa baru. Selanjutnya, tahun kedua kuliah, sering berkunjung ke ruang sinovia (sebelum berpindah ke gedung student center). Sebuah kebetulan, bilik kecil sinovia, -demikian biasanya ruang sekretariat ini disebut- terletak berhadapan dengan ruang praktikum faal. Bilik kecil sinovia, dinamai demikian mungkin karena luas ruangannya yang kecil. Berukuran tiga kali empat meter, pintu ruangan ini selalu terbuka lebar. Di dinding atas pintu terdapat tulisan Bilik Kecil Sinovia, sebagai pengucap selamat datang. Lantai berselimutkan karpet berwarna abu-abu, dengan satu sisi dinding dalam berlukis grafiti cleopatra -mungkin-, sketsa perempuan berkerudung bercadar dari pensil warna, dan tampilan sampul depan tabloid sinovia edisi sebelumnya, dibingkai menghiasi sisi dinding lainnya. Sebuah lemari kayu besar terdapat di sudut ruang. Tempat ini juga menjadi favorit teman lain, karena terdapat mesin ketik yang bisa digunakan mengerjakan tugas pendahuluan, sebagai syarat masuk praktikum.
Tahun ketiga kuliah, diawali dengan penerimaan anggota magang, saya mulai berinteraksi dengan penghuni lain bilik ini (agak terlambat memang).

Ada sedikit cerita saat menjadi anggota magang. Pimred, langsung memberi tugas wawancara untuk laporan utama. Tidak ada pembekalan sama sekali, hanya diberitahu gambaran tentang laput dan siapa narasumber. Sisanya... terjun bebas. Bersama dengan dua rekan magang lainnya, thurie dan ridwan, sepakat bolos kuliah untuk mewawancarai narasumber di RS Angkatan Darat Pelamonia (isi laput tentang dokter militer, saat itu lagi gembor-gembornya antipati segala yang berbau militer). Tidak ada janji sebelumnya dengan narasumber, dan saat bertemu, para narasumber tadi justru menyuruh mengikuti pertemuan mereka. Kami cuma menurut, pikirnya, setelah pertemuan bisa langsung mewawancara. Kesempatan pula, narasumber yang didapat bisa lebih dari satu. Ternyata, pertemuan yang kami ikuti tidak lebih dari presentasi produk obat baru dari satu industri farmasi, walhasil cuma bengong saja. Setelah presentasi, ada jamuan makan siang. Hitung-hitung rejeki tugas pertama. Setelah pertemuan dan jamuan makan siang usai, saat mengkonfirmasi ulang maksud kedatangan dengan para narasumber, mereka malah bengong. Nah lho. Terpaksa, wawancara ditunda keesokan harinya.
Esoknya, setelah janjian dengan kedua rekan untuk membolos lagi, bertemu dengan narasumber. Narasumbernya malah keberatan diwawancarai. Namun setelah dijelaskan isi liputan, dan memberi draft pertanyaan, barulah ia mau (ternyata, beliau mengira isi liputan tentang peran militer dalam politik). Dan kami mulai sibuk mencatat semua jawaban yang diberikannya (maklum, tidak ada yang namanya tape recorder).
Saat tabloid sinovia terbit, membaca liputan utama, mencari-cari hasil wawancara kami, ternyata hanya sebagian kecil yang diambil. Hanya dua baris kalimat saja. Tapi rasanya kok senang banget.

Sayang, saya tidak terlalu lama berinteraksi dengan penghuni bilik kecil ini. Kesibukan saat memasuki stadium klinik, membuat saya lupa dengan mereka. Hanya pada saat-saat tertentu saja saya menyambangi mereka. Sungguh sayang. Dan akhir tahun lalu, saat bertemu dengan teman-teman di sinovia, ada keinginan untuk memperbaiki tampilan sinovia online yang sudah ada. Hasilnya sudah bisa dilihat sekarang, walau masih banyak kekurangannya.

PS : terimakasih banyak buat k' ipink, k' ippank, k' irham. buat sinocrew, keep da gud work friends. juga makasih banyak untuk k' ichal tentunya.

posted by adhip @ dalam hening kata, kala 6:55 PM  
|
 
IntRo
selalu periksa keadaan batinmu
menggunakan Sang Raja dari hatimu
tembaga tidak pernah mengetahui dirinya tembaga
sebelum berubah menjadi emas
Matsnawi, Jallaluddin Rumi

DiRi
adhi/M/'79
-makassar-
menulis dan membingkai
pemimpi yang ingin mengenal tanah airnya lebih jauh
BaRugA MaKaSsaR

antarnisti
aes el barca
apiss
ardin
asri tadda
asrulsyam
batangase
blueveil
cikal61
Dg. Nuntung
dj di melbourne
essoweni
ichal
ichal di nangroe aceh darussalam
Ifool
imran
Irha
KotakJimpe
LelakiSenja
leo
mamie
nani
ntan
nyomnyom
Ocha
PasarCidu
Prof Mus
psycho-poet
pecandu buku
PuteE
RaRa
sukab
TalluRoda
TerbangBebas
Tri-Multiply
uchie


JenDeLa SapA

JenDeLa SaHabaT
i suppoRt
CataTaN SiLaM
KoTaK SiLaM
SeNanduNg
KeluArgA MayA
banner angingmammiri
BlogFam Community
BeruCaP TeRimaKasiH

Allah Maha Kuasa, pemberi hidup.
Ichal yang pertama kali memperkenalkanku pada dunia blog dan juga support plus kompienya yang siap diacak-acak,
BloggerCom buat layanan jasa gratisnya,
Isnaini.Com, buat script leotnya,
photobucket buat tempat menyimpan gambar dan foto,
dan juga karibku hitam abu - aswad - loboh yang senantiasa bersedia menjadi mata visual keduaku.

Affiliates
15n41n1