___NyanYiaN PeRjaLanaN___
Tuesday, December 02, 2003
Si mbah uti...

Sudah tradisi lah kalo lebaran bawaannya kumpul ke rumah orang tua. Lebaran kali ini juga begitu tapi sebenarnya sih, lebaran pertama dilewatin di cikarang, di rumah kakak saya yang sebulan lalu ngelahirin putra keduanya. Lucu juga tu keponakan, beratnya waktu lahir empat koma dua kilo dengan panjang limapuluh senti. Kebayangkan susahnya waktu nongol, eh mungkin ni kakak kuwalat kali :p soalnya dia suka ngajarin putri pertamanya manggil ke saya om gajah (maklum, sesuai bodi ;) heheheu...). Hari ketiganya baru ke rumah si mbah uti (emaknya bokap) di brebes, beliau satu-satunya mbah yang masih ada dari keluarga saya. Berangkat dari cikarang, malam hari naik travel ke semarang, sampe jam setengah tiga dinihari. Bingung kan, padahal brebes dilewati, keputusan ini diambil soalnya bokap ngotot ditemanin buat ngambil mobil di semarang, pagi-pagi baru ke brebes, hwalah badan pegel semua ngantuk lagi.

Di brebes ternyata keluarga masih rame, banyak yang kumpul. Setelah delapan taon, ini jadi lebaran saya yang ngumpul lagi bareng si mbah sama sepupu. Si mbah punya sepuluh putra putri (dua dah almarhum) jadi kebayangkan berapa banyak cucunya? Sekarang total sudah terkumpul tigadua cucu lapanbelas cicit :) hwakekek...rame kan.

Eh iya, postingan kali ini saya mo cerita sedikit tentang si mbah. Umur beliau sekarang sekitar lapanpuluhtigaan lah (maklum, si mbah nggak tau tanggal bulan dan taon lahirnya) jadi pake patokan umur bokap (anak tertuanya si mbah) ditambah duapuluh taon. Alhamdulillah, sampe sekarang fisiknya masih sehat, cuman satu saja keluhannya sampe sekarang yang nggak pernah hilang, sariawan!! Kalo lagi sariawan gini, tingkat cuapcuap si mbah bakal meningkat :) Padahal si mbah sampe sekarang masih suka ngerokok, djarum merah, untung sudah agak berkurang. Pernah dulu bokap ngasi si mbah djarum merah bejibun :( huhu... ini bokap malah ngajarin yang nggak bener. Yang lainnya lagi, si mbah kalo bepergian dengan mobil pasti nyuruh si sopir ngebut, mumet katanya kalo nyopirnya pelan. Bokap sama om dan tante yang lain pengennya si mbah di usianya yang sekarang seringsering jalanjalan nengok cucunya, nggak ngendon saja di rumahnya, tapi si mbah suka homesick. Baru ninggalin rumah dua hari saja pasti sudah pengen skali pulang. Pernah jalan-jalan ke makassar, dari yang rencananya seminggu terpaksa dipercepat cuman tiga hari gara-gara mikirin rumah terus. Padahal masih kangen nih...ape nak dikate.

Tapi si mbah paling sayang sama cucu-cucunya. Kalo lebaran, pasti semua kebagian pecingan. Lebaran pertama saya sama si mbah waktu masih kelas lima SD. Komunikasi jadi masalah, soalnya perbendaharaan bahasa indonesianya si mbah kurang banget, lha saya meski bokap nyokap jawa nggak bisa ngomong jawa, terpaksa nyokap jadi penerjemah. Lebaran taon berikutnya, saya sudah bisa pake bahasa jawa dikit (ngikut bokap tugas di cilacap selama lima taon). Jadinya kalo ngomong saya pake ngoko banyumasan dan si mbah ngomong pake aksen brebes-tegal, keknya lucu banget. Si mbah sih nggak peduli dengan unggahungguh, kalo ngomong ke yang lebih tua kudu make bahasa kromo inggil.

Kalo nginap di rumah si mbah, pagi-pagi sekali beliau sudah ngider nyariin kupat sayur ato kue lupis buat sarapan. Makan siang dan malam pasti kejamin. Si mbah bakalan ngomel-ngomel kalo makanan nggak dihabisin ato pas mo nyuci piringnya dan kalo nyapu bersihin rumah. Tapi kalo tetap dikerjakan di bawah omelan si mbah, nanti pas mo pamitan bakalan dikasi salam tempel yang gede :D hwakekekek...
Kadang-kadang si mbah suka jalan agak pincang dan rada-rada susah gitu, kalo ditanya sama anak-anaknya diam saja. Nanti pas dibilangin "mbah...bu aji siti nungguin di depan rumah mo ke mesjid" langsung deh si mbah dengan lincah berlari masuk kamar, ambil perlengkapan, buru-buru nyamperin bu aji siti. Namanya ibadah, kudu sregep ya mbah! Semoga Allah senantiasa merahmatinya.

posted by adhip @ dalam hening kata, kala 11:36 AM  
|
 
IntRo
selalu periksa keadaan batinmu
menggunakan Sang Raja dari hatimu
tembaga tidak pernah mengetahui dirinya tembaga
sebelum berubah menjadi emas
Matsnawi, Jallaluddin Rumi

DiRi
adhi/M/'79
-makassar-
menulis dan membingkai
pemimpi yang ingin mengenal tanah airnya lebih jauh
BaRugA MaKaSsaR

antarnisti
aes el barca
apiss
ardin
asri tadda
asrulsyam
batangase
blueveil
cikal61
Dg. Nuntung
dj di melbourne
essoweni
ichal
ichal di nangroe aceh darussalam
Ifool
imran
Irha
KotakJimpe
LelakiSenja
leo
mamie
nani
ntan
nyomnyom
Ocha
PasarCidu
Prof Mus
psycho-poet
pecandu buku
PuteE
RaRa
sukab
TalluRoda
TerbangBebas
Tri-Multiply
uchie


JenDeLa SapA

JenDeLa SaHabaT
i suppoRt
CataTaN SiLaM
KoTaK SiLaM
SeNanduNg
KeluArgA MayA
banner angingmammiri
BlogFam Community
BeruCaP TeRimaKasiH

Allah Maha Kuasa, pemberi hidup.
Ichal yang pertama kali memperkenalkanku pada dunia blog dan juga support plus kompienya yang siap diacak-acak,
BloggerCom buat layanan jasa gratisnya,
Isnaini.Com, buat script leotnya,
photobucket buat tempat menyimpan gambar dan foto,
dan juga karibku hitam abu - aswad - loboh yang senantiasa bersedia menjadi mata visual keduaku.

Affiliates
15n41n1