___NyanYiaN PeRjaLanaN___
Thursday, November 20, 2003
Orang-orang yang kalah

Lagi ngulik-ngulik buku di perpustakaan Al Markaz, nemuin novel punya Maryam Jamilah yang judulnya Ditepian Jalur Gaza. Di dalamnya ada kutipan dari Muqaddimah karya Ibnu Khaldun.

Peniruan-peniruan orang-orang yang kalah atas penjajah
"orang-orang yang telah kalah selalu berusaha meniru orang-orang yang menang dalam berpakaian, tingkah laku, cara hidup, kebiasaan dan kepercayaan. Ini disebabkan karena orang-orang itu cenderung menunjukkan kepada orang-orang yang telah mengalahkan dan menaklukkan mereka bahwa mereka tetap sempurna. Orang-orang itu berlaku demikian karena penghormatan mereka kepada penjajah mereka atau karena mereka tidak mau mengakui kekalahan mereka yang mungkin terjadi karena sebab-sebab yang lazim. Dari sinilah mereka menyangka bahwa kekalahan mereka disebabkan oleh kesempurnaan kaum penjajah itu. Bila khayalan ini terus menerus bertahan pada mereka, maka hal ini akan menjadi perasaan percaya pada diri sendiri secara mendalam dan akan membuat mereka memakai semua prinsip penjajah dan meniru secara persis sifat-sifat mereka. Peniruan bulat-bulat ini akan terjadi, baik secara tidak disadari ataupun karena kepercayaan yang salah bahwa kemenangan penjajah disebabkan bukan karena kelebihan kekuatan fisik dan materi, tetapi karena kekurangan orang-orang terjajah dalam hal kebiasaan, kepercayaan dan cara hidup. Dari sini timbul khayalan bahwa peniruan semacam ini akan menghilangkan sebab-sebab kekalahan mereka"


masih rada nggak ngeh maksud tulisan di atas, maklum telmi ;p tapi kao dibaca ulang kayaknya saya tuh termasuk orang-orang yang kalah :( huhuhu...

********

Mungkin dalam beberapa hari terakhir ini blog agak telat ngupdatenya, biasalah mo mudik. Rencana ntar sore berangkat. Dua hari yang lalu beli tiket lion, harganya agak naik dibanding harga normalnya. Ya itung-itung daripada kehabisan tiket. Pas kemaren teman ngecek harganya lagi, ternyata tiketnya malah turun, nggak tanggung-tanggung selesih sampe seratusribu lebih. Padahal belinya lima tiket, buat abang dan istri plus dua kurcaci kecil yang sudah keitung harga full. Kalo ditotal selisihnya bisa dapat satu tiket lagi.Hiks, jadi gondok juga. Ada yang punya tips buat ngilangin rasa gondok?
Ngomongin soal pesawat, terus terang saya phobia dengan penerbangan. Pas mo take off, telapak tangan dan kaki terasa dingin dan basah hehehe...Dulu waktu masih umur 5 tahunan pernah naik pesawat casa yang penumpangnya enambelasan orang, itu pesawat goyangnya aji gileee trus dekat bangat sama laut kek mo jatuh padahal memang mo landing dan bandaranya dekat laut ;p heuhehehe... Sekali juga waktu ke Semarang dari Surabaya,pas hujan lebat, pesawatnya goyang sekali. Muka pucat total, tangan dan kaki pada dingin, ngeliat kayak gini nyokap malah asyik ketawaketiwi. Mudah-mudahan penerbangan nanti menyenangkan. Biar nggak aji gileee....

posted by adhip @ dalam hening kata, kala 9:14 AM  
|
 
IntRo
selalu periksa keadaan batinmu
menggunakan Sang Raja dari hatimu
tembaga tidak pernah mengetahui dirinya tembaga
sebelum berubah menjadi emas
Matsnawi, Jallaluddin Rumi

DiRi
adhi/M/'79
-makassar-
menulis dan membingkai
pemimpi yang ingin mengenal tanah airnya lebih jauh
BaRugA MaKaSsaR

antarnisti
aes el barca
apiss
ardin
asri tadda
asrulsyam
batangase
blueveil
cikal61
Dg. Nuntung
dj di melbourne
essoweni
ichal
ichal di nangroe aceh darussalam
Ifool
imran
Irha
KotakJimpe
LelakiSenja
leo
mamie
nani
ntan
nyomnyom
Ocha
PasarCidu
Prof Mus
psycho-poet
pecandu buku
PuteE
RaRa
sukab
TalluRoda
TerbangBebas
Tri-Multiply
uchie


JenDeLa SapA

JenDeLa SaHabaT
i suppoRt
CataTaN SiLaM
KoTaK SiLaM
SeNanduNg
KeluArgA MayA
banner angingmammiri
BlogFam Community
BeruCaP TeRimaKasiH

Allah Maha Kuasa, pemberi hidup.
Ichal yang pertama kali memperkenalkanku pada dunia blog dan juga support plus kompienya yang siap diacak-acak,
BloggerCom buat layanan jasa gratisnya,
Isnaini.Com, buat script leotnya,
photobucket buat tempat menyimpan gambar dan foto,
dan juga karibku hitam abu - aswad - loboh yang senantiasa bersedia menjadi mata visual keduaku.

Affiliates
15n41n1